skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Tuberkulosis Tulang Adalah …

Penyakit Tuberkulosis Tulang Adalah …

Tuberkulosis (Tbc), atau Tb (Tubercle bacillus) merupakan penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikobakteria, umumnya Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, namun juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya.

Tuberkulosis menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi Tuberkulosis aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah mereka melalui udara. Infeksi Tuberkulosis umumnya bersifat asimtomatikdan laten. Namun hanya satu dari sepuluh kasus infeksi laten yang berkembang menjadi penyakit aktif. Bila Tuberkulosis tidak diobati maka lebih dari 50% orang yang terinfeksi bisa meninggal.

Bahayanya jika bakteri selalu masuk dan terkumpul dalam paru-paru, maka bakteri ini akan berkembang biak dengan cepat apalagi yang mempunyai daya tahan tubuh yang rendah.

Tuberculosis kerap dikenal sebagai penyakit flek paru-paru. Padahal Tuberkulosis juga bisa menyerang organ lain seperti usus, kulit hingga kelenjar. Karenanya waspadai ketika muncul benjolan pada leher ataupun tubuh anda.

Tuberkulosis tulang belakang dikenal juga dengan nama penyakit Pott, yaitu tuberkulosis yang terjadi di luar paru-paru, di mana menjangkiti tulang belakang. Penyakit ini umumnya menginfeksi tulang belakang pada area toraks (dada belakang) bagian bawah dan vertebra lumbalis (pinggang belakang) atas.

Laporan dari WHO tahun 2007 menyatakan Indonesia memiliki sekitar 530.000 penderita Tuberkulosis. Sekitar 106.000 (20 persen) di antaranya merupakan kasus Tuberkulosis di luar paru. Dan dari angka tersebut, sekitar 5.800 merupakan penderita Tuberkulosis tulang belakang.

Gejala Tuberkulosis Tulang

Adapun gejala yang dapat muncul ketika seseorang terkena Tuberkulosis tulang belakang adalah sebagai berikut:

– Sakit punggung pada bagian tertentu.

– Munculnya benjolan pada bagian selangkangan yang sering dikira sebagai hernia.

– Pada malam hari tubuh berkeringat dan demam.

– Tubuh kaku dan tegang.

– Mengalami penurunan berat badan atau mengalami anoreksia.

– Bungkuk atau kifosis yang kadang disertai pembengkakan paravertebral.

– Munculnya kelainan saraf jika saraf Anda ikut terganggu.

Kondisi di atas dapat terjadi secara bertahap atau mungkin tanpa disadari. Cobalah untuk mengonsultasikan hal ini kepada dokter jika Anda atau kerabat mengalami beberapa gejala di atas.

Diagnosis Tuberkulosis Tulang

Biasanya, untuk mendiagnosis seseorang terkena Tuberkulosis tulang belakang akan dilakukan beberapa langkah pemeriksaan.

Misalnya, dengan melakukan pemeriksaan dengan sinar X, CT scan, MRI, biopsi, dan pemeriksaan tulang. Tes lainnya yang mungkin dilakukan adalah tes laju endap darah. Umumnya, pada pasien Tuberkulosis tulang belakang laju endap darah akan meningkat berkali lipat.

Ketika kondisi tuberkulosis aktif dapat dikendalikan, laju endap darah akan kembali mendekati normal atau turun ke normal. Pada penderita Tuberkulosis tulang belakang, akan terjadi peningkatan laju endap darah tapi jumlah sel darah putih normal.

Bahaya Tuberkulosis Tulang

Jika tuberculosis sudah menyerang tulang belakang dan ujung tulang panjang, Jika tidak segera diobati, maka segmen atau subbagian tulang belakang ( vertebrae ) akan rapuh dan menyebabkan kelumpuhan di satu atau kedua kaki. khususnya pada anak-anak sangat rentan terhadap tuberkulosis tulang belakang.

Pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui adanya Tuberkulosis tulang adalah melalui pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiologis. Pemeriksaan radiologis dilakukan dengan photo toraks PA karena penyakit Tuberkulosis tulang 80% disebabkan karena penyebaran dari Tuberkulosis paru-paru.

Jika dicurigai adanya Tuberkulosis tulang maka dilakukan pemeriksaan tingkat lanjut melalui photo pada tulang ( photo polos posisi AP, Lateral dan CT-Scan atau MRI ).

Cara Awal Mencegah Tertular Tuberkulosis Tulang

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa penyebab penyakit Tuberkulosis Tulang ini yaitu akibat dari penularan virus yang masuk ke dalam tubuh melalui udara yang mana masuk ke saluran pernapasan sehingga langkah awal untuk mencegah tertular Tuberkulosis ini yaitu dengan selalu mengenakan masker.

Sehingga virus tidak dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Langkah lainnya yaitu dengan menghindari kontak langsung dengan si penderita dan memperhatikan gaya hidup serta pola makan yang sehat supaya daya tahan tubuh tetap terjaga.

 

Apa Itu Pulmohealer?

Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.