skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Penyakit Tuberkulosis Apa?

Penyebab Penyakit Tuberkulosis Apa?

Tuberkulosis adalah penyakit saluran nafas yang disebabkan oleh mycobacterium, yang berkembang biak di dalam bagian tubuh dimana terdapat banyak aliran darah dan oksigen. Infeksi bakteri ini biasanya menyebar melewati pembuluh darah dan kelenjar getah bening, tetapi secara utama menyerang paru-paru.

Bakteri Tuberkulosis membunuh jaringan dari organ yang terinfeksi dan membuatnya sebagai kondisi yang mengancam nyawa jika tidak dilakukan terapi. Bahayanya jika bakteri selalu masuk dan terkumpul dalam paru-paru, maka bakteri ini akan berkembang biak dengan cepat apalagi yang mempunyai daya tahan tubuh yang rendah.

Tuberculosis kerap dikenal sebagai penyakit flek paru-paru. Padahal Tuberkulosis juga bisa menyerang organ lain seperti usus, kulit hingga kelenjar. Karenanya waspadai ketika muncul benjolan pada leher ataupun tubuh anda.

Tuberkulosis termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia. Data WHO menunjukkan bahwa pada tahun 2015, Indonesia termasuk dalam 6 besar negara dengan kasus baru Tuberkulosis terbanyak.

Gejala-Gejala Penyakit Tuberkulosis

Saat masa inkubasi Tuberkulosis, penderita biasanya tidak menunjukkan gejala apapun dan penyakit belum menular. Ketika tuberkulosis sudah berkembang, gejala-gejala pun mulai terlihat.

Tergantung pada organ mana yang diserang, gejala Tuberkulosis bisa berupa batuk yang berlangsung 2 minggu atau lebih, dahak atau batuk darah, sesak napas, demam atau meriang, berkeringat di malam hari tanpa ada aktivitas fisik, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, lelah dan lemah.

Gejala Tuberkulosis seperti di atas bisa jadi disebabkan oleh penyakit lain yang berhubungan dengan paru-paru. Masih ada gejala-gejala lain yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang gejala tertentu, segera konsultasikan pada dokter.

Gejala-gejala Tuberkulosis paru dimulai secara bertahap selama periode mingguan atau bulanan. Pada awalnya Anda mungkin mengalami satu atau dua gejala ringan yang bahkan membuat tidak sadar bahwa Anda tengah memiliki penyakit Tuberkulosis. Lebih lanjut, berikut 7 gejala khas penyakit Tuberkulosis paru: Batuk yang berlangsung lama, rata-rata di atas 3 minggu.

Batuk berdahak tebal, keruh, dan kadang-kadang berdarah. Demam ringan terkadang menggigil. Keringat malam. Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Sesak napas dan nyeri dada. Kelelahan dan kelemahan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. selain melakukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis, dokter juga akan melakukan serangkaian pemeriksaan penunjang apakah Anda benar-benar terkena penyakit Tuberkulosis.

Cara-Cara Mencegah Penyaki Tuberkulosis

Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk menghindari diri dari penyakit tuberkulosis, diantaranya:

  1. Makan makanan sehat

Makan makanan yang sehat yang lebih banyak mengandung gizi seperti sayur dan buah agar kesehatan tubuh juga bisa terjaga dengan baik. Cara mencegah penyakit Tuberkulosis dengan makan makanan yang sehat bisa di lakukan setiap hari nya, sebaik nya mengurangi membeli makanan di luar dan juga mengurangi makanan instan yang tidak baik juga untuk kesehatan.

  1. Melindungi mulut dan hidung

Cara mencegah penyakit Tuberkulosis selain dari makanan juga bisa dengan melindungi saluran pernafasan dengan baik yang merupakan jalan masuk nya virus yang akan menyebabkan penyakit Tuberkulosis. Maka dari itu jika ke luar rumah sebaik nya gunakan penutup mulut dan hidung sehingga jika udara yang kotor tidak akan langsung masuk ke tubuh.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Cara mencegah penyakit Tuberkulosis bisa dengan meningkatkan daya tahan tubuh karena jika daya tahan tubuh kuat maka akan sulit untuk masuk nya virus ke dalam paru paru dan menyebabkan penyakit Tuberkulosis.

Cara mencegah penyakit Tuberkulosis dengan meningkatkan daya tahan tubuh bisa melalui olahraga dan juga mengkonsumsi suplemen seperti vitamin c sehingga akan kuat terhadap serangan virus.

  1. Melakukan vaksin

Vaksin bisa di lakukan oleh anak anak, remaja dan orang dewasa, cara mencegah penyakit Tuberkulosis dengan vaksin sebaik nya di lakukan sehingga tidak akan menderita penyakit Tuberkulosis. Vaksin bisa di lakukan di rumah sakit terdekat.

  1. Tidak merokok dan menggunakan obat terlarang

Hindari rokok dan obat obatan terlarang, karena cara mencegah penyakit Tuberkulosis bisa dengan tidak merokok dan menggunakan narkoba.

 

Apa Itu Pulmohealer?

Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.